Senin, 07 Oktober 2024

Kabupaten Bekasi Bergonta Ganti Pemimpin, Digital Service' Pelayanan Masyarakat Tidak Terpenuhi Kinerja Diskominfo Santik Dipertanyakan?


KABUPATEN BEKASI, IT - Persoalan Fiber Optik untuk Wifi pelayanan masyarakat kerap menjadi dilema yang berkepanjangan bagi Institusi terkait dalam melaksanakan kegiatan pelayanan dalam bentuk "Digital Service" di wilayah Pemerintah Kabupaten Bekasi. Menurunnya etos kerja yang berimbas pada kinerja pelayanan masyarakat menjadi terkesan Institusi yang banyak menggunakan fasilitas tersebut tidak profesional dan gagap tekhnologi.

Hal yang terjadi berulang-ulang dan menjadi kebiasaan buruk ini berujung pada terlontarnya kritik tajam dan pedas manis dari pihak Kecamatan maupun Desa selaku Institusi terkait  terhadap kinerja Diskominfo Santik Kabupaten Bekasi dalam mempersiapkan sarana dan presarana "Digital Service"untuk pelayanan masyarakat yang menilai tidak memenuhi kebutuhan dan sangat mengganggu aktifitas dan kreatifitas Institusi terkait.

"Selama ini Cikarang Pusat dati pemasangan awal optik keseluruh Kecamatan Cikarang Pusat belum tersambungkan dengan optik, mangkanya sinyal kita masih belum stabil ..sementara kita pake Wifi," ungkap Camat Cikarang Pusat, Edward Sutarman pada Awak Media, Senin (07/10/2024) pagi di ruang kerjanya.

Camat menilai kebutuhan akan "Digital Service" untuk pelayanan masyarakat harus seratus persen dan menjadi prioritas utama di dalam mengimplementasikan kinerja pelayanan publik.

"Kalau Wifikan tau sendiri, kita kadang-kadang ada, kadang-kadang hilang, kalau kebutuhan kita harus seratus persen. Kita pelayanan publik..pelayanan masyarakatkan kitakan setiap hari mesti ada, kalau tidak stabilkan amat sangat mengganggu untuk pelayan terutama," terangnya.

Camat Cikarang Pusat mendesak agar Diskominfo Santik agar segera melakukan penyambungan Optik ke Kecamatannya agar persoalan pelayanan dapat segera teratasi.

"Saya berharap Diskominfo untuk segera menyambungkan Optik Internet ke Cikarang Pusat (Kantor Kecamatan-Red) biar stabil, pelayanannya bagus dan dapat bekerja dengan optimal," tutupnya.

Bertahun-Tahun Permohonan "Fiber Optik" Tak Terealisasi

Sebelumnya Kasi pelayanan Kecamatan Cikarang Pusat, Saripudin mengatakan bahwa Wifi Internet sangat di butuhkan sekali untuk membantu kecepatan pelayanan.

"Sangat diperlukan karena itu sangat membantu kelancaran dan kecepatam memberikan pelayanan kepada masyarakat, kalau untuk kebutuhan internet kan pelayanan sekarangkan sudah  system Digital, jadi aplikasi yang kaitan dengan kependudukan dan sebagainya itu sudah pakai aplikasi dan pakai internet mungkin sangat di perlukan," tutur Kasi Pelayanan Cikarang Pusat, pada Kamis (03/07/2024) pagi.

"Ketika internet tidak berfungsi atau tidak berjalan sebagaimana mestinya sehingga terjadilan penyendatan..terhambat didalam memberikan pelayanan terhadap masyarakat, terutama terkait dengan pelayanan yang bersifat Digital," sambungnya.

Terkait dengan Diskominfo Santik Kabupaten Bekasi yang belum menyediakan sarana dan prasarana Digital menggunakan System Fiber Optik pada kecamatan Cikarang Pusat dan perbandingan dengan Wifi System serta seringkali permohonan perbaikan di ajukan dalam satu bulan bisa mencapai lebih dari tiga kali dalam satu bulan.

"Yang pastinya kita sering kali kontak dengan Diskominfo ketika ada permasalahan mereka datang..mereka selesaikan kemudian bisa lancar tapi tidak bisa berlaku secara lama, kadang-kadang mengalami lagi gangguan..gejala lagi. Dalam satu bulan saja kadang-kadang dua atau tiga hari atau seminggu ada masalah tidak bisa jalan internet, Kalau kita tanya ke pihak Diskominfo,"Mohon maaf pak karena kebetulan radio yang ada di kantor Bupatinya mengalami gangguan,"katanya, karena system Wifi tadi mengalami gangguan sehingga signyal internet terganggu. Jadi pekerjaan kita terhambat..terbengkalai," bebernya.

"Kalau yang kami inginkan dari Kecamatan itu, kalau bisa..beberapa di Kecamatan lainkan di Kabupaten Bekasi ini sudah tersambung dengan Fiber Optik, nah..Kecamatan Cikarang Pusat ini yang dekat dengan kantor Bupati seharusnya di prioritaskan bangun Fiber Optik untuk mempermudah pelayanan tidak mengalami banyak gangguan," harap Kasi pelayanan.

Menurut Kasi Pelayanan Cikarang Pusat lebih baik dibangunkan system kabel Fiber Optik di Kecamatan Cikarang Pusat 

"Permohonan sudah seringkali, kalau bisa dihitung bisa lebih dari satu kali, bisa lebih dari dua kali bahkanbisa lebih dari tiga kali dalam satu bulan. Dan selalu..setiap bulan selalu ada masalah lalu ada hambatan kaitan dengan jaringan internet berbasis Wifi. Jadi ini lebih kepada peralatan sarananya..jadi ketika membangun jaringan internet memang kalau pakai system kabel itu lebih stabil," katanya.

"Hal itu sudah kami sampaikan, kalau respon disana ketika pernah di bangun seringkali putus kabel karena ada pembangunan dari Delta Mas ketika ada perbaikan jalan, pengerukan dari Delta Mas, katanya sudah ada komunikasi antara Delta Mas dan Diskominfo namun realisasi pembangunan Fiber Optik masih belum terwujud juga. Dan itu selalu berulang-ulang selama empat tahun saya menjabat selalu bermasalah. Termasuk pusing juga karena kadang-kadang internetnya  lemot..untuk nyetak susah di tambah kadang-kadang tidak bisa akses internet dan bahkan satu hari "Stuck" tidak bisa akses dan tidak ada internet sama sekali, kaitan dengan pelayanan yang seharusnya selesai satu hari bisa mencapai dua hari atau lebih, jadi target penyelesaiannya tidak tercapai, mereka sudah jauh-jauh datang ternyata ada masalah internet," paparnya.

Kasi Pelayanan menilai pekerjaan infrastruktur jaringan Fiber Optik yang dikerjakan oleh pihak ketiga patut dievaluasi lebih jauh lagi oleh Diskominfo Santik Kabupaten Bekasi.

"Kaitan pekerjaan di Kepemerintahankan biasanya ada kerja sama, artinya da tender dan sebagainya, itu nanti di kembalikan ke Diskominfo ..apakah itu memang belum tersedianya anggaran di Kecamatan Cikarang Pusat untuk membangun Fiber Optik atau kemungkinan pihak ketiganya yang tidak berjalan secara maksimal untuk melaksanakan pemasangan Fiber Optik untuk Kecamatan Cikarang Pusat. Nah hal-hal seperti itu nanti yang lebih mengetahui Diskominfo..apa yang terjadi. Yang pasti di kecamatan Pusat untuk segera di benahi, segera di pasang jaringan internet yang stabil, jangan sampai mengganggu proses pelayanan,"

Dilema tersebut telah berjalan bertahun-tahun dengan berganti kepemimpinan di Kabupaten bekasi namun tidak merubah keadaan terkait "Digital Service" Pelayanan Masyarakat.

"Jadi intinya kami di Cikarang Pusat mohon internet  bangun pakai system kabel, harapan saya mudah-mudahan dengan Pak PJ yang baru kaitan kegiatan pelayanan khususnya di Kecamatan bisa lebih lancar lagi lebih baik lagi memberikan pelayanan terutama memperkuat sarana dan prasarananya terkait dengan internet khususnya dan PJ yang baru agar dapat membentu mendorong agar di percepat," pungkas Kasi Pelayanan Kecamatan Cikarang Pusat, Saripudin.

(Iwan Joggie) IT


Tidak ada komentar:

Posting Komentar



POSTINGAN TER-UPDATE

Kabupaten Bekasi Bergonta Ganti Pemimpin, Digital Service' Pelayanan Masyarakat Tidak Terpenuhi Kinerja Diskominfo Santik Dipertanyakan?

KABUPATEN BEKASI, IT - Persoalan Fiber Optik untuk Wifi pelayanan masyarakat kerap menjadi dilema yang berkepanjangan bagi Institusi terkait...

Postingan Populer


Pilihan Pembaca